Polri Pastikan Irjen Supratman Terjangkiti Virus Corona Bukan di Acara Sertijab

Polri Pastikan Irjen Supratman Terjangkiti Virus Corona Bukan di Acara Sertijab
Ilustrasi tes virus corona. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) Polri langsung memeriksa kesehatan seluruh perwira tinggi (pati) yang ikut dalam upacara serah terima jabatan (sertijab) pada Jumat (8/5) lalu.

Pasalnya, Irjen Supratman yang kini dinyatakan positif terjangkiti virus corona turut hadir pada acara sertijab tersebut.

Kabagpenum Divhumas Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan, pengecekan guna mengetahui apakah ada yang juga tertulari dari Irjen Supratman. Namun, hasilnya para pati itu semuanya negatif virus corona.

"Pusdokkes Polri sudah mengambil langkah antara lain memeriksa perwira tinggi yang hadir pada acara tersebut dan hasil pemeriksaan semuanya negatif,” ucap Ahmad ketika dikonfirmasi, Kamis (14/5).

Ahmad pun memastikan proses sertijab beberapa yang dilakukan di Mabes Polri telah sesuai dengan protokol kesehatan yang ada. Saat itu psychal distancing dijalankan dengan ketat.

Kemudian, Mabes Polri menggelar sertijab dengan prosedur ketat mulai dari pengecekan suhu hingga rapid test. "Secara umum Polri telah menjalankan protokol COVID-19 dengan menjalankan psychal distancing dan protokol lain secara ketat,” tegas Ahmad.

Perwira menengah ini menambahkan, Irjen Supratman terkena virus corona bukan di acara sertijab, melainkan sebelum kegiatan itu digelar.

"Irjen Supratman dinyatakan positif COVID-19 sehari setelah menghadiri upacara sertijab bersama di Rupatama Mabes Polri. Kesimpulan awal beliau terpapar bukan di Rupatama Polri karena massa inkubasi COVID-19 lebih dari satu pekan,” sambung dia.

Kabagpenum Divhumas Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan, pengecekan kesehatan seluruh perwira yang ikut sertijab itu untuk mengetahui apakah ada yang tertulari COVID-19 dari Irjen Supratman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News