Polri Punya Event Besar di Bali, Kapolri Minta Restu di Bundaran HI

Polri Punya Event Besar di Bali, Kapolri Minta Restu di Bundaran HI
Suasana kirab bendera 190 negara anggota Interpol di Bundaran HI, Minggu (30/10). Foto: Elfany Kurniawan/JawaPos.Com

jpnn.com - JAKARTA - Polri menggelar kirab 190 bendera dari negara-negara anggota Interpol yang akan bertemu dalam sidang umum di Bali pada November nanti. Kirab digelar di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta Pusat, Minggu (30/10).

Dalam acara itu hadir Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi. Menurut Tito, pertemuan Interpol ke-85 yang akan digelar di kawasan Nusa Dua, Bali itu merupakan acara besar.

Tito menyebut sidang umum Interpol itu merupakan forum pertemuan internasional kedua terbesar setelah Majelis Umum PBB. “Sidang ini khusus untuk para penegak hukum," kata Tito, Minggu (30/10).

Tito pun meminta restu warga demi kesuksesan sidang Interpol yang rencananya akan digelar pada 7-10 November 2016 itu. Sebab, sukses sidang Interpol merupakan kebanggaan nasional.

"Ini adalah kebanggaan kita karena Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah. Mohon doa restu bapak dan Ibu agar acara sidangnya lancar sehingga bisa mengangkat citra Indonesia di mata dunia," sambung dia.

Sidang Interpol akan dihadiri oleh 1.200 delegasi dari 154 negara anggotanya, exhibitor serta jurnalis dari dalam maupun luar negeri.

Sementara Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, pihaknya bangga Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan Sidang Umum Interpol. Menurutnya, jalinan kerja sama Polri dengan Interpol sangat dibutuhkan dalam penegakkan hukum di Indonesia.

"Pasalnya ada sejumlah kejahatan lintas negara seperti terorisme, penangkapan ilegal, perdagangan manusia dan peredaran narkoba yang tidak bisa ditangani oleh Indonesia sendiri melainkan membutuhkan kerja sama polisi di sejumlah negara," ucap dia.

JAKARTA - Polri menggelar kirab 190 bendera dari negara-negara anggota Interpol yang akan bertemu dalam sidang umum di Bali pada November nanti.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News