JPNN.com

Beber DPO Kelompok Medan

Polri Sebut Abu Tholut sebagai Sosok Utama

Jumat, 24 September 2010 – 20:20 WIB
Polri Sebut Abu Tholut sebagai Sosok Utama - JPNN.com
Polri Sebut Abu Tholut sebagai Sosok Utama
JAKARTA - Hasil pengembangan penyelidikan Detasemen Khusus (Densus) 88/Anti Teror, Mabes Polri menyebut bahwa sosok di belakang aksi perampokan Bank CIMB Niaga dan penyerangan Polsek Hamparan Perak adalah Abu Tholut. Ini disimpulkan pihak Mabes Polri, setelah menemukan keterkaitan antara perampokan dan penyerbuan Mapolsek yang menewaskan tiga polisi itu.

Kapolri Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri menegaskan, pria yang kini buron itu merupakan biang di balik serangkaian aksi teror itu. Perampokan CIMB, disebut polisi merupakan aksi fa'i (perampokan untuk pendanaan perjuangan). Sementara penyerangan Polsek Hamparan Perak itu, merupakan aksi balas dendam terkait penangkapan para pelaku perampokan tersebut.

Rangkaian pengumpulan dana dan serangan ini, tambah Kapolri, dipercaya merupakan bagian dari skenario yang dijalankan oleh Abu Tholut, untuk membangun sebuah negara berbasis ideologi Islam yang diyakininya. "Ini (Abu Tholut) yang sampai hari ini menggerakkan semua kegiatan," ujar Kapolri, dalam keterangan persnya di Mabes Polri, Jumat (24/9) sore.

Dijelaskan lagi, pria yang kini tengah buron ini juga merupakan pengatur pelatihan militer kelompok yang diduga jaringan teroris yang tertangkap baru-baru ini di Pegunungan Jalin, Jantho, Aceh Besar. "Dia mengatur semua rangkaian kegiatan," tegas Kapolri lagi.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ito