JPNN.com

Polusi Udara: 3 Kota dengan Kadar Timbal Tertinggi, Oh Surabaya

Rabu, 16 September 2020 – 12:09 WIB
Polusi Udara: 3 Kota dengan Kadar Timbal Tertinggi, Oh Surabaya - JPNN.com
Kota Jakarta saat sepi. Foto: Soetomo Samsu/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) merilis hasil penelitiannya soal polusi udara di kota-kota besar di Indonesia.

Dari sampel beberapa kota, seperti Jakarta, Tangerang, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Pekanbaru, Medan, Palangka Raya, Balikpapan, Makassar, Manado, Ambon, Jayapura, Mataram dan Denpasar, ditemukan ada tiga kota yang konsentrasi timbal (Pb)-nya tertinggi.

"Dari belasan kota yang diteliti tercatat konsentrasi timbal tertinggi ada di Surabaya, Tangerang dan Jakarta," kata Peneliti Senior BATAN Muhayatun Susanto dalam keterangannya kepada media, Rabu (16/9).

Kandungan timbal dari polusi udara di ketiga daerah itu, lanjutnya, lebih tinggi jika dibandingkan dengan daerah lain seperti Bandung, Yogyakarta, Semarang,  Pekanbaru, Medan, Palangka Raya, Balikpapan, Makassar, Manado, Ambon, Jayapura, Mataram dan Denpasar.

Padahal, berbagai riset lembaga internasional menunjukkan bahwa polutan timbal bukan hanya berdampak buruk pada kesehatan manusia saja, tetapi juga dapat memengaruhi kecerdasan anak-anak.

"Selama ini pemantauan kualitas udara biasanya dilakukan terhadap CO, SO2, Nox, O3 dan PM10 (partikulat yang berukuran kurang dari 10 mikrometer) sebagai dasar untuk menghitung Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU). Padahal di udara juga terdapat partikulat yang berukuran kurang dari 2,5 mikrometer, yang dikenal dengan PM-2,5," jelas Muhayatun.

Polutan partikulat PM-2,5 dinilai lebih berbahaya karena ukurannya yang kecil sehingga mampu menembus bagian terdalam dari paru-paru.

Dia mengilustrasikan, ukuran PM-2,5 sebanding dengan sekitar 1/30 dari diameter rambut manusia yang pada umumnya berukuran 50-70 mikrometer. Sedangkan PM-10 sebanding dengan 1/7 dari diameter rambut.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
tomo