Polusi Udara Kalahkan Rokok, Jadi Penyebab Kanker Paru

Polusi Udara Kalahkan Rokok, Jadi Penyebab Kanker Paru
Polusi Udara Kalahkan Rokok, Jadi Penyebab Kanker Paru

jpnn.com - LONDON - Asap rokok berbahaya? Ya. Tapi, ada yang lebih berbahaya daripada itu. Penelitian mutakhir menyatakan bahwa polusi udara juga bisa mengakibatkan kanker paru-paru.

Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC) menyatakan kemarin (17/10) bahwa polusi udara adalah karsinogen atau zat yang bisa mengakibatkan kanker. Sama bahayanya dengan tembakau, asbes, dan radiasi ultraviolet.

Keputusan tersebut dikeluarkan setelah panel ahli dari IARC melakukan studi. "Kami yakin ini (polusi udara) adalah karsinogen lingkungan paling penting. Lebih berbahaya daripada perokok pasif," terang Kurt Straif kepada departemen IARC, lembaga yang mengurusi kanker di bawah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Sebelumnya IARC menyatakan sejumlah komponen polusi udara seperti asap kendaraan diesel adalah pencetus kanker. Namun itu adalah kali pertama lembaga yang bermarkas di Lyon, Prancis, tersebut mengklasifikasikan polusi udara secara keseluruhan sebagai penyebab kanker.

Risiko bagi individu memang rendah. Tapi, Straif mengingatkan, sumber utama polusi udara sangat luas. Di antaranya, transportasi, pembangkit listrik, dan emisi industri serta kegiatan agrikultur.

''Sulit bagi siapa pun untuk menghindarinya,'' terangnya sambil menunjuk asap gelap dari sejumlah pabrik di dekat kantornya di Lyon. "Ketika saya berjalan di jalanan kota yang banyak memperlihatkan polusi dari knalpot kendaraan diesel, saya langsung berusaha untuk menjauh. Hanya itu yang bisa Anda lakukan," imbuhnya.

Fakta bahwa hampir semua orang bisa terekspos polusi udara seharusnya membuat pemerintah dan lembaga lain memberlakukan peraturan yang lebih ketat dalam mengontrol asap kendaraan. Straif mencatat, WHO dan Komisi Eropa sedang mengkaji ulang batas polusi udara yang diizinkan.

Awalnya, polusi dinyatakan hanya mampu meningkatkan peluang terkena penyakit jantung dan pernapasan. Hasil klasifikasi dari panel ahli IARC ditentukan setelah para ilmuwan menganalisis lebih dari seribu penelitian di dunia. Kesimpulannya, ditemukan bukti yang cukup bahwa terpapar polusi udara di luar ruangan bisa mengakibatkan kanker paru-paru.

LONDON - Asap rokok berbahaya? Ya. Tapi, ada yang lebih berbahaya daripada itu. Penelitian mutakhir menyatakan bahwa polusi udara juga bisa mengakibatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News