PON Riau Masih Butuh Rp200 Miliar

PON Riau Masih Butuh Rp200 Miliar
PON Riau Masih Butuh Rp200 Miliar
JAKARTA-- Sejak ditunjuk menjadi tuan rumah PON XVIII 2012 pada tahun 2066 silam, Pemprov Riau sudah menghabiskan dana pembangunan venue sekitar Rp.3,8 triliun. "Pembangungan venue sudah kami cicil dan habiskan dana sekitar Rp.3,8 triliun," kata Gubernur Riau, HM Rusli Zainal di kantor Menko Kesra, Selasa (3/4).

Menurut Rusli, dana itu berasal dari dana cadangan di APBD Provinsi dan kabupaten/kota sejak tahun 2006 sampai 2012. Dana pembangunan ini diluar dana pendukung sekitar Rp.456 milyar untuk fasilitas penunjang serta dana dari Pusat untuk penyelenggaraan. Dana penunjang ini untuk bangun jalan, jembatan di daerah-daerah kabupaten yang jadi tuan rumah beberapa cabang olahraga. Namun 80 persen venue PON berada di Kota Pekanbaru.

"Main stadium realisasinya sudah 98 persen, ada yang sudah bisa dipakai seperti renang, selebihnya ada yang masih fisinishing, kalau keseluruhan sudah 90-an persen," jelas Gubri Rusli Zainal.

Ia optimis bulan Agustus mendatang seluruh fasilitas sudah clear dan bisa digunakan. Keyakinan itu didasari oleh simulasi yang sudah dilakukan PB PON bersama kontraktor pelaksana.

JAKARTA-- Sejak ditunjuk menjadi tuan rumah PON XVIII 2012 pada tahun 2066 silam, Pemprov Riau sudah menghabiskan dana pembangunan venue sekitar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News