Poros Baru Bentukan Gerindra, Pemanasan Hadapi Pilpres

Poros Baru Bentukan Gerindra, Pemanasan Hadapi Pilpres
Prabowo Subianto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - DPPPAN masih menggodok kemungkinan pembentukan poros baru untuk menghadapi dua pasangan bakal cagub-cawagub di Pilgub Jatim.

Ketua DPP PAN Yandri Susanto mengatakan, pihaknya masih membahasnya di internal. ’’Belum selesai pembahasannya,” tutur dia.

Anggota Komisi II DPR itu menerangkan, setelah diputuskan di internal PAN, partainya membahasnya bersama Gerindra dan PKS.

Rencananya, pada 2 atau 3 Januari, tiga partai tersebut kembali bertemu untuk mematangkan pembentukan poros ketiga.

Jika pertemuan itu tidak mundur, kemungkinan pada 5 atau 6 Januari ada keputusan apakah membentuk poros baru atau bergabung dengan koalisi yang sudah ada. ’’Nanti kami sampaikan,” ujar sekretaris Fraksi PAN itu.

Meski tampaknya banyak pilihan figur untuk poros baru tersebut, pengamat politik menyebutkan bahwa tantangan poros baru cukup sulit.

Pengamat politik sekaligus Direktur Surabaya Survey Center (SSC) Mochtar W. Oetomo mengungkapkan, masalahnya kini bukan lagi pada sosok figur.

’’Mendekati waktu akhir, permasalahan yang diperhatikan partai adalah tentang kalkulasi menang dan kalah,” papar Mochtar.

Poros baru yang dimotori Gerindra untuk menghadapi Pilgub Jatim 2018 diyakini tetap eksis, sebagai panggung pemanasan jelang Pilpres 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News