Posal Mutiara Jamin Keamanan Perairan Jakarta

Posal Mutiara Jamin Keamanan Perairan Jakarta
Pangarmabar Laksamana Muda TNI A. Taufiq R, meletakkan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan Posal Pantai Mutiara, di Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara, Kamis (10/3). FOTO: Dispen Koarmabar for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI A. Taufiq R mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi meletakkan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan Pos Pengamat Angkatan Laut (Posal) Pantai Mutiara serta bangunan pendukung lainnya di Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara, Kamis (10/3).

Adapun luas keseluruhan bangunan tersebut 3.107 meter persegi (M2) terdiri dari Gedung Posal 147,2 M2, Gedung Musholla 82 M2, Gedung Balai Prajurit 2.376 M2, Gedung Kantor Administrasi 334 M2 dan Gedung Sekretariat Olahraga Perairan seluas 168 M2.

KSAL dalam amanat tertulis dibacakan Pangarmabar mengatakan pembangunan di wilayah Jakarta, khususnya di pantai utara Jakarta berkembang dengan sangat pesat. Pemerintah telah membuat master plan sedemikian rupa termasuk rencana reklamasi dan pembangunan pulau buatan serta pembangunan pelabuhan peti kemas New Priok. Oleh karena itu diharapkan ke depan daerah ini lebih tertata dengan baik dan mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi, tidak hanya di Provinsi Jakarta, namun juga perekonomian nasional.

Selanjutnya, dalam rangka mendukung program pemerintah tersebut, TNI Angkatan Laut berupaya untuk meningkatkan kemampuan Pos Pengamat TNI Angkatan Laut di pantai utara Jakarta, sehingga dapat menjamin keamanan aset maupun keamanan perairan dari tindak kejahatan maupun kegiatan ilegal yang mungkin terjadi.

KSAL juga mengatakan dengan membangun fasilitas dan sarana prasarana Posal Pantai Mutiara meliputi renovasi gedung Posal, pembangunan Navy Club dan pembangun fasilitas labuh serta sarana dan prasarana pendukung lainnya, diharapkan dapat meningkatkan kinerja Posal dalam melakukan penjagaan wilayah di perairan utara Jakarta.

Menurutnya, Posal tersebut juga akan ditunjang dengan dermaga yang selain berfungsi sebagai tempat sandar Kapal Angkatan Laut (KAL), juga untuk mendukung pengembangan olahraga perairan dan wisata bahari. Oleh karenanya, keberadaan Posal Pantai Mutiara ini akan bernilai strategis dari aspek operasional dan pelaksanaan tugas TNI Angkatan Laut, maupun untuk pemanfaatan bersama dengan masyarakat umum.

KSAL juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung kegiatan ini, khususnya kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Diharapkan kerjasama yang telah terjalin selama ini terus dapat ditingkatkan sehingga bermanfaat bagi semua pihak.

Hadir pada kesempatan itu antara lain, Waaslog Kasal, Kadispamal, Kadiswatpersal, Wali Kota Jakarta Utara, Wakapolres Jakarta Utara, para Asisten dan Kadis Koarmabar serta para Asisten Danlantamal III Jakarta.(fri/jpnn)


JAKARTA – Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI A. Taufiq R mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News