POSCO dan KS Siap Bangun Pabrik Baja Terpadu

POSCO dan KS Siap Bangun Pabrik Baja Terpadu
POSCO dan KS Siap Bangun Pabrik Baja Terpadu
JAKARTA- Pohang Iron & Steel Corporation (POSCO) menggandeng Krakatau Steel (KS) membangun pabrik baja terpadu patungan (joint venture) di Indonesia. Kesepakatan tersebut tertuang dalam Memorandum of Agreement (MoA) yang ditandatangani di kantor Menteri Perindustrian, Jakarta, Rabu (2/12).

"Rencananya dibangun dalam dua tahap dengan kapasitas total 6 juta ton. Untuk 3 juta ton tahap pertama diperkirakan akan selesai 2013," kata Fazwar Bujang, Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero).

Hadir dalam penandatanganan tersebut Menteri Perindustrian MS Hidayat, Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh, Kepala BKPM Gita Wiryawan, Direktur Utama Krakatau Steel Fazwar Bujang , Chung Joon Yang CEO Posco,  Wakil Menteri Perdagangan Mahendra Siregar, dan Wakil Menteri Perindustrian Alex Retraubun. Turut serta pula President & CEO Korea Resources Corporation Kim Shin Jong, dan Duta Besar Korea Selatan untuk RI Kim Ho Young.

Pabrik joint venture senilai US$5 miliar tersebut bakal berlokasi di Cilegon serta memproduksi slab, hot rolled coil, dan plate untuk memenuhi kekurangan permintaan pasar domestik. Dengan kesepakatan ini POSCO mulai memasuki pasar Asia Tenggara secara dini dengan investasi ke daerah yang belum memiliki teknologi Pabrik Baja Terpadu Blast Furnace yang memiliki potensi perkembangan tinggi. Sedangkan bagi KS, proyek ini dinilai bakal mampu memberikan kontribusi positif bagi negara.

JAKARTA- Pohang Iron & Steel Corporation (POSCO) menggandeng Krakatau Steel (KS) membangun pabrik baja terpadu patungan (joint venture) di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News