Posisi Strategis Kaltara jadi Kekuatan Nasional

Posisi Strategis Kaltara jadi Kekuatan Nasional
Posisi Strategis Kaltara jadi Kekuatan Nasional
JAKARTA – Ketua Komisi II DPR, Agun Gunandjar Sudarsa, mengatakan,  secara geopolitis wilayah Kalimantan Utara merupakan open gates ke Malaysia (Sabah), Philipina Selatan dan Brunei Darussalam.

Ia mengatakan, Kaltara berada pada posisi strategis sehingga dapat dikembangkan untuk menjadi kekuatan nasional di dalam menghadapi dan mengatasi segala hambatan dan gangguan baik yang datang dari luar maupun dalam.

Baik langsung maupun tidak langsung yang membahayakan integritas, identitas kelangsungan hidup bangsa dan negara. “Serta perjuangan mencapai tujuan nasional dalam menunjang keberhasilan tugas pokok pemerintah untuk kesejahteraan lapisan masyarakat terutama di daerah perbatasan dan pedalaman,” kata Agun, dalam laporannya di rapat paripurna DPR, Kamis (25/10).

Dijelaskan Agun, secara geopolitik Kaltara yang terletak di belahan utara Pulau Kalimantan dan berbatasan langsung dengan Sabah, Malaysia sangat berpotensi untuk menjaga kedaulatan dan martabat Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Yang termanifestasikan dalam gerak dan tindak semua lapisan masyarakat di wilayah Kaltara terutama di daerah perbatasan dengan Malaysia,” jelasnya.

JAKARTA – Ketua Komisi II DPR, Agun Gunandjar Sudarsa, mengatakan,  secara geopolitis wilayah Kalimantan Utara merupakan open gates ke

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News