Positif COVID-19, WN Tiongkok Palsukan Hasil Tes demi Naik Pesawat

Positif COVID-19, WN Tiongkok Palsukan Hasil Tes demi Naik Pesawat
Ilustrasi - Tampak aktivitas penumpang salah satu bandara di wilayah Angkasa Pura II saat long weekend

jpnn.com, BEIJING - Warga negara Tiongkok menggunakan hasil tes COVID-19 palsu agar bisa pulang dari Moskow, Rusia.

Kedutaan Besar Tiongkok di Rusia dalam pernyataan persnya pada Rabu mengungkapkan bahwa pria bermarga Huang telah ditolak izin naik pesawat dari Moskow menuju Tiongkok pada pertengahan Desember karena hasil tesnya positif.

Namun Huang bertemu warga Tiongkok lainnya bermarga Zheng untuk membayar hasil tes negatif COVID-19 sebagai prasyarat terbang ke negaranya.

Dengan bekal hasil tes palsu itu Huang berhasil naik pesawat pada 17 Desember. Namun, saat dites di bandara kedatangan di Tiongkok, hasilnya positif.

Pihak Kedutaan Tiongkok menyatakan tindakan Huang dan Zheng telah mengancam kesehatan penumpang lainnya di pesawat yang sama dan menghalangi upaya anti-epidemi pemerintah setempat.

Oleh sebab itu, pihaknya mengingatkan kepada para penumpang agar mematuhi kebijakan anti epidemi yang telah ditetapkan oleh pemerintah Tiongkok.

Meskipun mendapatkan perlakuan medis, penumpang tersebut bakal dikenai sanksi hukum yang berlaku.

Sejak Juli, pemerintah Tiongkok mewajibkan siapa pun yang hendak memasuki negaranya dari luar negeri untuk melampirkan hasil tes usap negatif dari institusi kesehatan yang ditunjuk, maksimal 48 jam sebelum terbang.

Seorang WN Tiongkok nekat naik pesawat terbang meski mengetahui bahwa dirinya tengah terinfeksi COVID-19

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News