Potensi Daerah Terbentur Dana

Potensi Daerah Terbentur Dana
Potensi Daerah Terbentur Dana
JAKARTA - Banyak potensi yang dimiliki daerah tidak bisa digarap dengan baik lantaran terbentur pendanaan. Karenanya, seluruh pimpinan Bank Indonesia (BI) yang bertugas di berbagai daerah diminta untuk proaktif dalam membantu percepatan pembangunan di daerah. Sinergitas BI dengan Pemerintah Daerah sangat diperlukan, apalagi di era otonomi daerah saat ini.

’’Sinergitas antara Pemda dan BI ke depan saya kira sudah mutlak. BI tentunya harus mendorong kebijakan-kebijakan pemerintah daerah tentang percepatan pembangunan di daerah serta program yang berpihak kepada rakyat ,’’ucap Gubernur Riau, HM Rusli Zainal SE MP dalam acara Inspirational Leadership bagi para pimpinan BI dari berbagai daerah di Gedung Heritage Learning Center, Jakarta, Selasa (3/5).

Menurut Rusli yang pada kesempatan itu menjadi salah satu pembicara, BI memang tugasnya sebagai pengawasan. Tapi katanya, BI tentunya harus mampu mendorong bank-bank pelaksana di daerah untuk secara proaktif membuat skim-skim (pinjaman) yang sesuai dengan potensi dan karakteristik yang ada di setiap daerah.

‘’BI harus berperan untuk menggerakkan bank-bank pelaksana, sehingga  sasaran pembangunan yang ada di daerah dapat tercapai,’’ tuturnya.

JAKARTA - Banyak potensi yang dimiliki daerah tidak bisa digarap dengan baik lantaran terbentur pendanaan. Karenanya, seluruh pimpinan Bank Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News