Potensi Duo Pemain Barito Putera Jadi Pelatih Cukup Bagus, Siapakah Dia?

Potensi Duo Pemain Barito Putera Jadi Pelatih Cukup Bagus, Siapakah Dia?
Aditya Harlan (kanan) dan Rizky Pora. Foto: Barito Putera.id

jpnn.com, JAKARTA - Dua pemain Barito Putera sudah mulai menyiapkan masa depan dengan mengambil kursus kepelatihan untuk lisensi C AFC. Pemain itu ialah Aditya Harlan dan Rizky Rizaldi Pora. Manajer Barito Putera Mundari Karya optimistis kedua pemain tersebut memiliki potensi kepelatihan yang bagus.

"Kalau dilihat, mereka cukup bagus. Karena, mereka memang punya dasar pengetahuan sepak bola yang bagus. Itu yang saya pikir bisa membantu mereka cepat beradaptasi dengan tuntutan untuk menjadi pelatih," katanya di situs klub Barito Putera.

Menurut pria yang pernah melatih Timnas kelompok umur Indonesia itu, dalam era sepak bola modern seperti sekarang, ada enam dasar yang harus dikuasai seorang pelatih sepak bola. Meliputi psikologi, kesehatan, dan nutrisi. Kemudian kepemimpinan, menguasai sports science, dan kemampuan teknologi informasi.

"Keduanya sudah memiliki playing-agility, sekarang tinggal bagaimana mengembangkannya," tutur Mundari.

Dia juga mengingatkan, tidak mudah untuk menjadi pelatih. Mundari memberikan contoh dengan pemain-pemain di luar negeri yang semasa aktif merumput cukup bagus, tetapi saat melatih tidak menunjukkan kemampuan yang mumpuni.

"Di level dunia tidak semua pemain bisa menjadi pelatih," tandasnya.

Saat ini, keberhasilan Adit dan Rizky Pora dalam kursus yang digelar di Bali sejak awal November itu masih belum diketahui, Pasalnya, para panelis masih berdiskusi dan mengevaluasi poin-poin performa mereka untuk didapatkan nilai layak atau tidak diluluskan.(dkk/jpnn)

 

Barito Putera sudah menyiapkan calon pelatih tim untuk masa depan dengan memberikan kesempatan mereka untuk kursus lisensi kepelatihan.


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News