Potensi Gempa Jakarta 8,7 SR

Potensi Gempa Jakarta 8,7 SR
Potensi Gempa Jakarta 8,7 SR
JAKARTA - Staf Khusus Presiden Bidang Sosial dan Bencana, Andi Arief memprediksi Jakarta akan dilanda gempa bumi berkekuatan 8,7 skala richter (SR) dan akan disapu gelombang tsunami. Menurutnya, pusat gempa itu terletak di Selat Sunda yang merupakan gempa purba dan memiliki siklus.

"Selat Sunda menyimpan gempa purba berkekuatan 8,7 SR yang menimbulkan tsunami. Aktivitas tektonik, vulkanik di Selat Sunda tahun 416 Masehi terjadi gempa yang menyebabkan naiknya gelombang lautdan mengenangi daratan dan memisahkan Pulau Sumatera dan Pulau Jawa. Oktober tahu 1722 gempa bumi terjadi di laut yang dirasakan di Jakarta dan menyebabkan air laut naik seperti air mendidih," kata Andi Arief kepada wartawan di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (15/5).

Andi Arief menyakini gempa purba ini akan terjadi sebab terjadinya gempa merupakan suatu siklus. Hanya saja, ia tidak bisa memastikan kapan gempa itu akan terjadi. "Seperti di Tsunami di Aceh, sudah pernah terjadi sejak ribuan tahun lalu. Bencana itu siklus, pasti akan terulang. Dalam hukum kekekalan energi, suatu saat potensi energi yang tersimpan dalam perut bumi akan dilepas," katanya.

Karenanya, Andi mengatakan pemerintah saat ini memprioritaskan adanya mitigasi bencana untuk menghindari tingginya korban jiwa. Kata dia, selain mempersiapkan masyarakat dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana, Pemerintah juga harus mendeteksi gedung-gedung di Jakarta yang mudah ambruk, terkhusus pada gedung yang dijadikan pusat protokol internet.

JAKARTA - Staf Khusus Presiden Bidang Sosial dan Bencana, Andi Arief memprediksi Jakarta akan dilanda gempa bumi berkekuatan 8,7 skala richter (SR)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News