Potensi Karet Riau, Unggulan di Indonesia

Potensi Karet Riau, Unggulan di Indonesia
Potensi Karet Riau, Unggulan di Indonesia
PEKANBARU--Banyaknya alih fungsi komoditi dari tanaman karet ke perkebunan kelapa sawit, dari persawahan ke perkebunan kelapa sawit yang sekarang sangat digandrungi masyarakat di Riau, menjadi ke khawatiran akan semakin tenggelamnya komoditi  karet di Riau. Padahal, Riau sejak dulu adalah salah satu provinsi penghasil komoditi karet di Indonesia.

Bahkan komoditi karet Riau masuk komoditi unggulan di Indonesia. Karena itu upaya agar pengembangan potensi investasi perkebunan karet harus dilakukan dan dikaji. Sehingga tradisi Riau sebagai provinsi penghasil karet di tanah air selain kelapa sawit tetap terjaga.

Ini dikatakan Kepala Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Provinsi Riau, Adizar SE MP  saat membuka pengembangan potensi investasi sektor perkebunan karet di Hotel Mutira Merdeka Pekanbaru, Sabtu (1/12).

Dikatakannya, kebutuhan karet setiap tahunnya meningkat dipasaran internasional. Namun tetantu harus dibarengi dengan kualitasnya.Indonesia, adalah negara paling luas hamparan areal perkebunan karet, yakni mencapai sekitar 3,2 juta hektare. Tapi dari segi produksi karet, Indonesia berada di urutan kedua di dunia setelah Thailand.

PEKANBARU--Banyaknya alih fungsi komoditi dari tanaman karet ke perkebunan kelapa sawit, dari persawahan ke perkebunan kelapa sawit yang sekarang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News