Target Serap Anggaran 90 Persen

Target Serap Anggaran 90 Persen
Target Serap Anggaran 90 Persen
JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tak hanya memberikan perhatian pada kinerja menterinya di bulan terakhir tahun 2012. Realisasi penyerapan anggaran APBN 2012 yang telah ditetapkan berdasarkan porsi masing-masing kementerian juga diminta untuk lebih efektif.

"Presiden telah menginstruksikan agar penyerapan anggaran di kementerian dan lembaga agar lebih diintensifkan secara efektif dan efisien untuk mengejar terselesaikannya target program-program kerja," ujar Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi dan Pembangunan Firmanzah kepada Jawa Pos kemarin (1/12).

Berdasarkan data kementerian keuangan, lanjut dia, realisasi penyerapan anggaran belanja pemerintah sudah mencapai 70.8 persen. Angka itu berarti sudah terserap Rp 1.095 triliun dari pagu APBN-P 2012 sebesar 1.548,3 triliun. "Diharapkan akan mendekati 90 persen menjelang Desember dan akhir 2012," kata Firmanzah.

Sebelumnya, SBY memberikan instruksi kepada jajarannya untuk lebih fokus di akhir 2012 ini. Mereka diminta untuk memanfaatkan satu bulan tersisa untuk menuntaskan program kerja kabinet serta melakukan evaluasi dan koreksi untuk mempersiapkan program tahun depan. Belum cukup, SBY juga meminta menteri tidak ke luar negeri kecuali untuk urusan yang sangat penting.

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tak hanya memberikan perhatian pada kinerja menterinya di bulan terakhir tahun 2012. Realisasi penyerapan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News