Potensi Pasar Kosmetik Thailand Berekspansi di Asia Tenggara

Potensi Pasar Kosmetik Thailand Berekspansi di Asia Tenggara
Ilustrasi wanita dan kosmetik. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Thailand dengan diprediksi menjadi salah satu wilayah dengan pertumbuhan terbesar dan tercepat untuk pasar kosmetik.

Menurut Director of Thai Trade Center Jakarta Hataichanok Sivara, Asia Tenggara merupakan wilayah yang terdiri dari negara-negara dengan populasi yang besar seperti Indonesia, Brunei, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam, yang menampung lebih dari 750 juta orang.

Melalui Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada 2015 dan adanya perjanjian perdagangan bebas di antara anggota-anggotanya, kawasan itu telah menjadi magnet bagi investor dan perusahaan multinasional yang ingin menjalin hubungan komersial.

Tak heran jika banyak industri yang mengalami pertumbuhan pesat di kawasan tersebut.

Salah satu industri yang tumbuh paling cepat ialah pasar kecantikan dan perawatan pribadi.

Pasar kecantikan dan perawatan pribadi di Asia Tenggara mengalami pertumbuhan tingkat dua digit, menjadikannya mesin pertumbuhan terbesar kedua setelah Tiongkok.

Pertumbuhan itu didorong oleh demografi penduduk yang masih muda dan munculnya kelas menengah yang berjumlah hampir 600 juta orang.

"Pasar kecantikan dan perawatan pribadi diperkirakan terus mengalami peningkatan dengan pendapatan diperkirakan mencapai USD 30,04 miliar pada 2023. Pertumbuhan ini juga diprediksi akan berlanjut dengan tingkat tahunan sebesar 3,57 persen antara 2023 dan 2027," ujar Sivara, dalam keterangannya, Jumat.

Thailand dengan diprediksi menjadi salah satu wilayah dengan pertumbuhan terbesar dan tercepat untuk pasar kosmetik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News