PPP dan PAN Lirik Sultan

PPP dan PAN Lirik Sultan
PPP dan PAN Lirik Sultan

jpnn.com - JAKARTA – Meski pencalonan presiden harus melalui partai politik, namun rencana Sultan Hamengku Buwono X maju sebagai calon presiden pada Pemilu 2009 ternyata tak bertepuk sebelah tangan. Buktinya, sekalipun Sultan masih tercatat sebagai kader Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) justru berminat untuk mengusung aja Jogja itu sebagai capres.

Ketua DPP PPP Lukman Hakim Saefuddin menyatakan, dengan adanya pernyataan Sultan itu bukan tidak mungkin PPP akan mencalonkannya Sri Sultan. Meski demikian, PPP masih tetap harus menunggu hasil Pemilu Legislatif. "Kalau perolehan suaranya signifikan, PPP akan mencalonkan Sri Sultan. Yang jelas kita senang dengan keberanian Sultan mendeklarasikan diri tentang pencapresanannya," ujar Lukman yang ditemui di gedung DPR RI Jakarta, Rabu (29/10).

Lukman menilai kesediaan Sultan menjadi capres itu semakin membuka alternatif baru dalam Pilpres. Pasalnya, selama ini masyarakat hanya disodori nama SBY dan Megawati. "Selama ini masyarakat hanya fokus pada dua capres yakni SBY dan Megawati. Tapi dengan munculnya Sri Sultan, pilihannya jadi bertambah dan kita cermati betul Sri Sultan," tandasnya.

Pernyataan serupa juga disampaikan Sekjen DPP PAN Zulkifli Hasan. Menurutnya, PAN menyambut gembira pencapresan Sultan. "Dengan majunya Sultan, maka tokoh alternatif akan bertambah jadi Amien Rais, SBY, Megawati, Sutrisno Bachir dan Sri Sultan,'' kata Zulkifli.

Hanya saja Zulkifli merasa pesimis pencapresan Sultan mulus. Alasannya, dengan persyaratan calon presiden harus diusung parpol atau gabungan parpol yang punya dukungan kursi 20 persen kursi di DPR, maka peluang SHB jadi capres kecil. "Kecuali kalau Golkar mencalonkan Sultan," ulasnya.

Apakah PAN akan meminang Sultan sebagai Capres partai yang dirintis Amien Rais itu? "PAN akan calonkan kader sendiri kalau perolehan suaranya mencapai 15 persen, tapi kalau hanya dapat 10 persen, maka kita gabung dengan partai lain dan bisa saja kita usung  Sri Sultan," tuturnya.(ara/JPNN)


JAKARTA – Meski pencalonan presiden harus melalui partai politik, namun rencana Sultan Hamengku Buwono X maju sebagai calon presiden pada Pemilu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News