PPP Desak Letusan Merapi Jadi Bencana Nasional

PPP Desak Letusan Merapi Jadi Bencana Nasional
PPP Desak Letusan Merapi Jadi Bencana Nasional
JAKARTA - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mendesak Presiden SBY menetapkan letusan Merapi sebagai bencana nasional. Salah satu pertimbangan PPP, wilayah yang terkena dampak langsung letusan salah satu gunung teraktif di dunia itu lebih dari satu provinsi, yakni Jogjakarta dan Jawa Tengah. "Dampak berupa kehancuran sarana dan prasarana tidak hanya lokal, sudah meliputi kehidupan secara nasional, terutama kepentingan bisnis atau ekonomi," kata Wasekjen DPP PPP Muhamad Arwani Thomafi kemarin (16/11).

Thomafi yang juga ketua Tim Pengawasan Khusus Bencana Merapi Wilayah Klaten- Boyolali di Komisi VIII DPR itu menambahkan, kerugian harta benda juga sudah begitu besar. Meskipun belum ada penghitungan secara resmi, dia menduga kerugian sudah melampaui batas kemampuan APBD provinsi dan kabupaten.

Selain itu, korban meninggal sudah 215 orang. Jumlah tersebut mungkin terus bertambah. Sebab, masih ada potensi korban belum ditemukan. "Ditambah, ratusan korban masih dirawat," tegas Thomafi.

Walaupun intensitas aktivitas Merapi cenderung turun, dia mengingatkan bahwa kondisi itu belum sampai pada kesimpulan final bahwa Merapi kembali "tertidur". Salah satu indikasinya, belum ada penurunan status awas.

JAKARTA - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mendesak Presiden SBY menetapkan letusan Merapi sebagai bencana nasional. Salah satu pertimbangan PPP,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News