PPPK 2022: Pemda Fokus ke Teknis Administrasi, Formasi Guru Nihil

PPPK 2022: Pemda Fokus ke Teknis Administrasi, Formasi Guru Nihil
Ketua Paguyuban GTT/PTT Kebumen, Musbihin (jas hitam) saat audiensi dengan DPRD dan Pemkab Kebumen. Foto dokumentasi pribadi for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Rekrutmen PPPK 2022 di Kabupaten Kebumen diprioritaskan untuk tenaga teknis administrasi. Formasi untuk guru malah ditiadakan.

Ketua Paguyuban Guru Tidak Tetap/Pegawai Tidak Tetap (GTT/PTT) Kabupaten Kebumen, Musbihin mengungkapkan kegundahan hatinya. Dari hasil audiensi dengan Pemkab dan DPRD Kebumen terungkap dana untuk pengadaan PPPK 2022 sangat minim.

Akibatnya kata Musbihin, Pemkab memutuskan tidak merekrut guru. Ini demi keadilan karena PPPK guru sudah dibuka pada 2021.

"Kebumen sudah tidak punya anggaran lagi. Tanggal 30 Desember 2021 kami sudah audiensi dengan DPRD dan Pemkab, hasilnya ya enggak ada formasi guru," tutur Musbihin kepada JPNN.com, Sabtu (8/1).

Ironisnya untuk PPPK 2022, formasi tenaga teknis administrasi hanya 45. Jumlah ini sangat sedikit dibandingkan jumlah PTT.

Musbihin mengungkapkan, minumnya formasi itu karena anggaran Pemkab tidak cukup untuk menggaji. 

"Anggaran daerah disedot untuk gaji PPPK 2019 dan PNS. Tahun ini anggarannya untuk menggaji CPNS dan PPPK 2021," terangnya.

Kondisi tersebut membuat para GTT/PTT lunglai. Harapan menjadi ASN makin jauh, apalagi kebijakan penyelesaian honorer hanya sampai 2023.

Ketua Paguyuban GTT PTT Kabupaten Kebumen mengungkapkan formasi PPPK 2022 lebih didominasi tenaga teknis administrasi, sedangkan guru nol

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News