Prabowo Bisa Manfaatkan Rekonsoliasi demi Bela Pendukungnya dari Jerat Hukum

Prabowo Bisa Manfaatkan Rekonsoliasi demi Bela Pendukungnya dari Jerat Hukum
SALING HORMAT: Joko Widodo (kiri) bersama Prabowo Subianto (kanan) dan Ketua KPU Arief Budiman dalam Debat Capres di Shangri-La Hotel, Jakarta Pusat, Sabtu (30/3). Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Ujang Komarudin menyatakan, Joko Widodo alias Jokowi sebagai pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 hendaknya bisa merangkul pihak yang kalah. Menurutnya, Jokowi harus bisa merangkul Prabowo Subianto yang menjadi rival di Pilpres 2019 untuk menggelar rekonsiliasi.

"Perlu diingat prinsipnya yang menang merangkul yang kalah. Jadi Jokowi- Ma'ruf Amin mesti merangkul Gerindra," kata Ujang kepada awak media, Kamis (4/7).

BACA JUGA: Luhut Yakini Jokowi dan Prabowo Mau Bersua Tanpa Dipaksa

Direktur eksekutif Indonesia Political Review itu lantas menjelaskan alasan tentang pentingnya Jokowi dan Prabowo menggelar rekonsiliasi. Menurutnya, rekonsiliasi Jokowi dengan Prabowo menandakan tidak adanya persoalan antara dua figur yang bersaing dalam Pilpres 2014 dan Pilpres 2019 tersebut.

"Di saat elite saling serang, ulama terpecah, dan masyarakat terbelah, maka rekonsiliasi merupakan keharusan," ujar Ujang. 

Lebih lanjut Ujang mengharapkan Prabowo bisa memanfaatkan momentum rekonsiliasi dengan Jokowi dengan baik. Setidaknya, kata dosen ilmu politik di Universitas Al Azhar Indonesia itu, mantan Danjen Kopassus tersebut bisa memperjuangkan pendukungnya yang terjerat masalah hukum.

BACA JUGA: Terungkap, Sudah Ada Deal – deal Tahap Awal Rekonsiliasi Jokowi - Prabowo

"Perlu juga penyelesaian persoalan pendukung- pendukung kubu 02 yang banyak terkena kasus hukum. Seperti Ustaz Bachtiar Natsir dan lain - lain yang menjadi tersangka," cetus Ujang.(mg10/jpnn)


Pengamat politik Ujang Komarudin menyatakan, Joko Widodo alias Jokowi sebagai pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 hendaknya bisa merangkul Prabowo sebagai pihak yang kalah.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News