Prabowo dan Dirjen WHO Bertemu di Jenewa, Bahas Hal Penting!

Prabowo dan Dirjen WHO Bertemu di Jenewa, Bahas Hal Penting!
Menhan RI Prabowo Subianto (kanan) saat bertemu dengan Direktur Jenderal WHO, Tedros A. Ghebreyesus, di Kantor Pusat WHO, Jenewa, Swiss, Rabu (30/6/2021). ANTARA/HO-Humas Setjen Kemhan

jpnn.com, JENEWA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Direktur Jenderal WHO Tedros A. Ghebreyesus membahas hal penting terkait pandemi Virus Corona (COVID-19).

Keduanya bertemu di kantor pusat WHO,Jenewa, Swiss, Rabu (30/6) waktu setempat.

Prabowo menyampaikan apresiasi kepada WHO, atas pengembangan 'COVID-19 Partners Platform' sebagai wadah yang memfasilitasi koordinasi antarnegara dan mitra untuk penanganan pandemi COVID-19.

Salah satu aspek yang diangkat Menteri Pertahanan adalah upaya penguatan kapasitas Indonesia, terkait keamanan kesehatan di Indonesia.

Khususnya, dalam menghadapi pandemi COVID-19 serta mendukung kesiapsiagaan Indonesia menghadapi kedaruratan kesehatan di masa mendatang.

Disampaikan pula bahwa untuk memperkuat kesiapsiagaan menghadapi tantangan kesehatan masa depan, Indonesia berencana membangun 'Center of Excellence' di bidang keamanan kesehatan pada tingkat provinsi.

Inisiatif ini akan memperkuat kapasitas Indonesia dalam mendeteksi, menangkal dan menghadapi tantangan kesehatan masa depan pada tingkat provinsi.

"Hal ini juga akan memperkuat kapasitas 110 rumah sakit militer dalam penanganan COVID-19, termasuk memastikan penyediaan layanan kesehatan dasar selama pandemi," kata Prabowo dalam siaran persnya yang diterima Kamis (1/7).

Inisiatif tersebut disambut baik Direktur Jenderal WHO Tedros A. Ghebreyesus.

Dia menegaskan kesiapannya mendukung dan memfasilitasi upaya Indonesia dalam memperkuat kesiapan kapasitas nasional menghadapi kedaruratan kesehatan.

Di antaranya, termasuk pemanfaatan fasilitas dan aset kesehatan di Kementerian Pertahanan dan TNI.

Tedros mengapresiasi kedatangan Menteri Pertahanan RI untuk memperdalam kerja sama penanganan kesehatan nasional, regional dan global.

Apresiasi khusus disampaikan Dirjen WHO dan pejabat WHO lainnya yang hadir dalam pertemuan.

Terutama atas komitmen kuat Indonesia pada agenda kolaborasi sipil-militer dalam penanganan kedaruratan kesehatan publik dan bencana alam.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Dirjen WHO bertemu di Jenewa, Swiss. Mereka membahas hal penting.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News