Prabowo Malas Kampanye Karena Kasus Ratna Terungkap?

Prabowo Malas Kampanye Karena Kasus Ratna Terungkap?
Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (3/10) malam untuk menyikapi kebohongan Ratna Sarumpaet. Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat kepemiluan Kaka Suminta menilai, kesan calon presiden Prabowo Subianto malas turun berkampanye seperti dicuitkan Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat Andi Arief, merupakan kelemahan yang harus segera diantisipasi kubu Prabowo-Sandiaga Uno menghadapi Pilpres 2019.

"Saya kira, (Prabowo jarang turun ke tengah masyarakat untuk berkampanye) menjadi kelemahan pasangan Prabowo-Sandi, jika sikap yang diambil bukan bagian dari strategi khusus yang disiapkan dengan tujuan tertentu," ujar Kaka kepada JPNN.com, Senin (15/10).

Menurut Sekretaris Jenderal Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) ini, Prabowo sebagai penantang harusnya memanfaatkan secara maksimal momentum masa kampanye untuk memikat hati masyarakat.

Karena tanpa berkampanye pun, calon presiden petahana Joko Widodo hampir setiap saat muncul di media massa.

"Apalagi Indonesia sangat luas, waktu enam bulan ke depan harus se-efektif mungkin dimanfaatkan dan menjadi pemicu agar capres rajin turun ke bawah," ucapnya.

Meski begitu, Kaka belum tahu, apakah sikap Prabowo yang terlihat belum banyak terjun ke tengah masyarakat merupakan bagian dari strategi, mengingat masa kampanye yang cukup panjang.

"Bisa saja memang sikap itu diambil sebagai bagian dari sebuah strategi tertentu. Tapi saya kira efeknya membuat masyarakat bertanya-tanya. Apalagi ada petinggi parpol dari koalisi pendukungnya yang mempertanyakan," jelas dia.

Kaka khawatir sikap yang ditunjukkan Prabowo membuat opini di tengah masyarakat menjadi liar. Misalnya, menduga Ketua Umum DPP Partai Gerindra itu kehilangan semangat mengikuti pilpres karena terungkapnya kasus hoaks Ratna Sarumpaet.

Saya kira ini menjadi kelemahan pasangan Prabowo-Sandi, jika sikap yang diambil bukan bagian dari strategi khusus.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News