Prabowo Subianto Paling Diuntungkan Dengan Isu Ini

Prabowo Subianto Paling Diuntungkan Dengan Isu Ini
Prabowo Subianto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Nasional TB Massa Jafar menilai, menghangatnya isu Palestina di dalam negeri berpengaruh terhadap elektabilitas dua tokoh yang disebut-sebut bakal maju di Pilpres 2019, Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

Pasalnya, kelompok pendukung keduanya, sama-sama aktif mengecam langkah Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengakui Yerusalem ibu kota Israel. Hal tersebut menjadi penilaian tersendiri bagi masyarakat yang memang peduli dengan nasib masyarakat Palestina.

‎"NU pada umumnya ke Joko Widodo, sementara Islam perkotaan, modern lebih cenderung ke Prabowo. Seperti PKS, Muhammadiyah dan lain-lain. Jadi, isu soal Palestina pasti ada pengaruh bagi keduanya, bahwa mereka bagian dari kepentingan Islam," ujar Jafar kepada JPNN, Rabu (20/12).

Koordinator program doktoral Ilmu Politik sekolah pasca sarjana Unas ini menilai, Prabowo tetap paling diuntungkan. Karena kelompok pendukungnya terlihat lebih proaktif mengapitalkan isu Palestina.

"‎Jadi mereka lebih mudah mengklaim bahwa itu isu mereka, kelompok sejati ‎yang memperjuangkan aspirasi Islam damai untuk Palestina," ucapnya.

‎Jafar berharap masing-masing pihak tidak sekadar menggunakan isu Palestina demi kepentingan kelompo tertentu. Namun murni demi kemanusiaan.

"‎Sebenarnya yang jauh lebih penting, isu Palestina sebaiknya tak dalam bangunan sendiri. Tapi terkait sektor lain yang menunjukkan pemimpin-pemimpin di negeri ini mempunyai komitmen luar biasa bagi aspirasi umat Islam," pungkas Jafar. (gir/jpnn)


Kelompok pendukung Prabowo Subianto lebih proaktif menjadikan isu ini sebagai modal mencari perhatian.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News