Prakiraan Cuaca, BMKG Minta Masyarakat Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang

Prakiraan Cuaca, BMKG Minta Masyarakat Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang
Ilustrasi BMKG. Foto Ricardo/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat mewaspadai potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang di 13 wilayah di Indonesia, Sabtu (5/8).

Wilayah yang berpotensi terjadi hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang itu, yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bengkulu, Jambi, Lampung, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

"Terjadi potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi atau konvensi di sejumlah daerah di Indonesia," kata Prakirawan BMKG Danu Bakar di Jakarta.

Danu juga menyampaikan prakiraan cuaca di sejumlah kota besar berpeluang hujan dengan intensitas ringan hingga lebat. Dimulai dari wilayah Sumatera, Kota Tanjungpinang diprediksi cerah berawan, Pekanbaru berkabut, Banda Aceh dan Pangkalpinang akan terjadi hukan hujan intensitas ringan, Medan diprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas sedang.

Kota Jambi berpotensi berkabut, Bandar Lampung berawan, Palembang dan Bengkulu diprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas ringan.

Waspadai hujan dengan intensitas lebat di Kota Padang.

Prakiraan cuaca di Pulau Jawa umumnya cerah dan berawan seperti di Kota Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya.

Kondisi serupa juga diprakirakan terjadi di Bali dan Nusa Tenggara, seperti di Kota Denpasar, Mataram dan Kupang.

BMKG menyampaikan prakiraan cuaca. Waspada potensi hujan lebat dan angin kencang pada akhir pekan di beberapa wilayah Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News