Prakiraan Cuaca BMKG pada Hari Pencoblosan Pemilu 2024, Diah Pitaloka Cemas

Prakiraan Cuaca BMKG pada Hari Pencoblosan Pemilu 2024, Diah Pitaloka Cemas
Surat suara Pemilu 2024. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) menyampaikan prakiraan cuaca pada hari pencoblosan Pemilu 2024, yakni Rabu 14 Februari.

BMKG SMB II Palembang memperkirakan di Kota Palembang berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga deras pada hari pencoblosan Pemilu 2024.

"Prakiraan cuaca pada 14 Februari 2024, bertepatan dengan hari pencoblosan Pemilu, berdasarkan update data terkini, wilayah Palembang berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG SMB II Palembang Sinta Andayani di Palembang, Sabtu (10/2).

Dia menjelaskan umumnya pola angin belokan dan konvergen di sekitar wilayah Sumsel, sehingga menyebabkan pertumbuhan awan hujan yang cukup signifikan dari monsun Asia yang memicu perkiraan terjadi hujan deras.

Kendati demikian, dia mengimbau warga agar tidak terlalu khawatir akan potensi hujan deras tersebut.

"Imbauan untuk warga dalam pelaksanaan Pemilu tanggal 14 Februari agar tetap menggunakan hak pilihnya dan melaksanakan pesta demokrasi dengan baik," katanya.

Walaupun dalam kondisi cuaca yang kurang mendukung, dia meminta panitia KPU untuk mempersiapkan tempat pemungutan suara (TPS) yang aman dari hujan, dan genangan air, termasuk membuat rekayasa lingkungan, sehingga masyarakat nyaman saat berada di TPS.

Terpisah, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka meminta Pemerintah Daerah (Pemda) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyiapkan mitigasi bencana saat hari pencoblosan pada Pemilu 2024.

Berikut ini prakiraan cuaca dari BMKG pada hari pencoblosan atau pemungutan suara Pemilu 2024, Rabu 14 Februari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News