Prakiraan Cuaca Jumat 10 Juni, BMKG Ingatkan Warga di Sumut Waspada Malam Ini

Prakiraan Cuaca Jumat 10 Juni, BMKG Ingatkan Warga di Sumut Waspada Malam Ini
BMKG memprakirakan cuaca di wilayah Sumatera Utara terjadi hujan pada Jumat (10/6) malam ini dan berpotensi banjir dan longsor. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sebagian wilayah di Sumatera Utara pada Jumat malam.

“Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat tersebut berpotensi terjadi di wilayah pegunungan dan lereng yang dapat menyebabkan banjir dan longsor,” kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Utami Al Khairiyah, di Medan, Jumat.

Secara umum, kata dia, cuaca di Sumatera Utara pada Jumat siang berpotensi hujan ringan di wilayah Langkat, Binjai, Medan, Pakpak Bharat, Kepulauan Nias, Samosir, Toba, Madina, Labura, Labusel, Labuhanbatu, Humbahas dan sekitarnya.

Sementara pada malam hari berpotensi hujan sedang hingga lebat sebagian besar wilayah di Sumatera Utara dan dini hari berawan di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Suhu udara 17.0033.0 derajat Celcius, kelembaban udara 60-98 persen, dan angin berhembus dari Barat Daya-Barat Laut dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

Sementara berdasarkan pantauan Sensor Modis yakni Satelit Tera, Aqua, SNPP dan NOAA20 terdapat empat titik panas atau hot spot di Propinsi Sumatera Utara yang terpantau tiga titik di Mandailing Natal dan satu titik di Padang Lawas.(antara/jpnn)

BMKG mengingatkan masyarakat di Sumatera Utara (Sumut) waspada malam ini, begini penjelasannya.


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News