Praktek dan Ujian SIM Harus Pakai Kebaya, Bonusnya..

Praktek dan Ujian SIM Harus Pakai Kebaya, Bonusnya..
Ilustrasi. Foto: dok. JPNN

jpnn.com - JOMBANG—Berbagai cara dilakukan masyarakat untuk memperingati Hari Kartini, Kamis kemarin. Bahkan kegiatan unik dilakukan Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Jombang. Petugas menggratiskan biaya SIM bagi yang lulus tes tulis dan praktek. Syaratnya, pemohon lulus semua ujian dan harus memakai kebaya dan kain panjang ala Kartini.

Alhasil, kantor Lalu Lintas Polres Jombang pun dipenuhi perempuan yang memakai kebaya. Sayangnya dari  pemohon SIM banyak yang gugur dan tidak berhasil mendapatkan gratisan.


Saat ujian praktek, perempuan-perempuan berkebaya ala RA Kartini ini tidak merasa terkendala. Namun, beberapa gagal karena banyak kelokan angka delapan serta rintangan-rintangan yang lain. Rindi Puspita, salah satu pemohon SIM mengaku sebelumnya, sudah beberapa kali mengikuti ujian tetapi gagal.

“Tapi saat peringatan Hari Kartini ini bisa lolos, jadi dapat SIM gratis,” ujar Rindi, Kamis (21/4).


AKP Mellisa Amalia, Kasat Lantas Polres Jombang, menjelaskan, menyambut Hari Kartini tahun ini, Polres Jombang sengaja memberikan hadiah SIM gratis kepada pemohon wanita. Selain menggratiskan pembuatan SIM, seluruh Polwan yang bertugas di Satlantas juga memgenakan pakaian ala Kartini.

“Peluang SIM gratis hanya berlangsung satu hari, jumlah pemohon meningkat 50 persen dibanding hari biasa,” ujar Mellisa.

Namun, dikarenakan sulitnya ujian praktek berkendara, dari sebanyak 150 pemohon,  yang lulus hanya 25 orang. (pojokpitu/flo/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News