Praktisi Migas: PHE Sudah Biasa Bekerja Sama dengan Mitra

Praktisi Migas: PHE Sudah Biasa Bekerja Sama dengan Mitra
PT Pertamina Hulu Energi (PHE) sebagai Subholding Upstream Pertamina. Foto dok PHE

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina Hulu Energi (PHE) diyakini menyikapi positif pernyataan agar Pertamina mengerjasamakan sumur-sumur migas yang tidak aktif beroperasi atau idle.

Pernyataan agar Pertamina bekerja sama untuk sumur idle, sebelumnya disampaikan Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dan juga Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Menurut Ketua Komunitas Migas Indonesia (KMI) S Herry Putranto selama ini PHE memang sudah terbiasa bekerja sama dengan mitra.

“PHE pasti (menyikapi) positif, karena mereka sudah biasa kerja sama dengan mitra dengan berbagai pola,” jelas Herry.

Menurut Herry, permintaan agar bekerja sama lebih merupakan dorongan ulang.

Meski dampaknya tidak terlalu signifikan mengejar target lifting 1 juta barel per hari, tetapi setidaknya mampu menggerakkan roda ekonomi pengusaha menengah dan kecil.

“Kan (produksi) minyak turun terus, makanya dikerjasamakan yang sudah idle lewat KSO. Karena kalau sumur-sumur kecil ditotal, mentok 10 ribu barel per hari. Tetapi memang lumayan buat mitra berskala kecil,” kata Herry.

Kapasitas produksi sumur-sumur kecil yang idle tersebut, jelas Herry, umumnya di bawah 3.000 barel per hari.

Pernyataan agar Pertamina bekerja sama untuk sumur idle, sebelumnya disampaikan Menteri ESDM Arifin Tasrif dan juga Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News