Praktisi Sebut Pinjaman Pendidikan Berbentuk Fintech Punya Manfaat Besar

Praktisi Sebut Pinjaman Pendidikan Berbentuk Fintech Punya Manfaat Besar
Pengajar Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya Student Dr. Algooth Putranto menilai stundent loan atau pinjaman pendidikan memiliki banyak manfaat. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Pakar Sebut Pinjaman Pendidikan Berbentuk Fintech Punya Manfaat Besar

Pengajar Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya Student Dr. Algooth Putranto menilai stundent loan atau pinjaman pendidikan bagi pelajar dalam bentuk financial technology (fintech) bermanfaat besar untuk meningkatkan inklusi pendidikan.

Menurutnya, kehadiran fintech yang sudah mendapatkan izin dan pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Oleh karena itu, bisa menjadi salah satu alternatif bagi pembiayaan pendidikan tinggi bagi para pelajar dan orangtuanya.

"Terobosan ini untuk mempermudah calon penerima dana dengan menyediakan sumber pendanaan," kata Dr. Algooth Putranto, seperti dikutip, Selasa (6/2).

Dr. Algooth menjelaskan keunggulan fintech yang memperoleh izin dan diawasi oleh OJK mencakup transparansi biaya dan kerahasiaan data. 

Selain itu, proses penyaluran dana cenderung lebih mudah dibandingkan perbankan atau pembiayaan lainnya, sehingga menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat dalam pembiayaan pendidikan tinggi.

"Lantas dengan melambungnya biaya pendidikan tinggi di Indonesia belakangan ini, selama belum ada skema atau regulasi yang memadai dari pemerintah dalam bentuk student loan atau sejenisnya, maka masyarakat membutuhkan alternatif pembiayaan," katanya.

Pengajar Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya Student Dr. Algooth Putranto menilai stundent loan atau pinjaman pendidikan bermanfaat besar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News