Pramono Anung Soal Isu Reshuffle Kabinet:  Mau Ganti Menteri Kapan Saja Terserah Presiden

Pramono Anung Soal Isu Reshuffle Kabinet:  Mau Ganti Menteri Kapan Saja Terserah Presiden
Sekretaris Kabinet Pramono Anung di lingkungan istana kepresidenan Jakarta pada Selasa (14/6/2022) (ANTARA/Mentari Dwi Gayatri)

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Kabinet Pramono Anung buka suara soal Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan reshuffle Kabinet Indonesia Maju. 

Menurut Pram, panggilan akrab Pramono, waktu untuk melakukan reshuffle kabinet ditentukan sepenuhnya oleh Presiden Jokowi. 

“Yang namanya kabinet itu kewenangan sepenuhnya presiden,” kata Pramono di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (14/6).

Pram menegaskan kembali bahwa presiden mempunyai hak prerogatif. Oleh karena itu, kapan saja ingin melakukan reshuffle, presiden berhak menentukan. 

“Presiden mau ganti (menteri) kapan saja, ya, terserah presiden. Mau hari ini, mau besok, mau lusa, kewenangan itu sepenuhnya ada pada Presiden," ungkapnya.

Sebagaimana kabar yang berkembang, sejumlah elite politik memperkirakan Presiden Jokowi akan melakukan reshuffle kabinet, Rabu (15/6) pekan ini.

"Yang jelas presiden, kan, sudah delapan tahun di pemerintahan ini, dan beliau tahu banget apa kebutuhan dari kabinet ini, sehingga beliau sangat tahulah," ungkap Pramono Anung.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto pun telah menyatakan partai-nya siap bekerja dengan siapa pun yang akan ditunjuk oleh Presiden Jokowi bila terjadi reshuffle kabinet.

Pramono Anung menjawab isu Presiden Jokowi akan melakukan reshuffle kabinet. Dia menegaskan kewenangan sepenuhnya ada pada presiden. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News