Pramono: Hasil Survey Lucu-lucuan Saja

Pramono: Hasil Survey Lucu-lucuan Saja
Pramono: Hasil Survey Lucu-lucuan Saja
JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI, Pramono Anung menegaskan kalau lembaga survey sudah menjadi bagian tim kampanye seseorang, sehingga hasil survei yang dirilis tidak perlu dihormati seperti karya ilmiah.

"Kalau lembaga survei menjadi bagian dari tim kampanye seseorang, tentunya kredibilitas dari lembaga survei itu tidak perlu kita menaruh respek, hormat terlalu tinggi, jadi kita anggap lucu-lucuan saja," kata Pramono, Senin (31/10), di Jakarta, menanggapi banyaknya akhir-akhir ini lembaga survey mengeluarkan hasil survey soal Capres 2014.

Dia melihat,  secara sistematis  ada enam lembaga survei yang bersamaan melakukan penggiringan opini. Menurut Pram, lembaga ini menginginkan adanya semacam efek samping karena masih banyak  voters yang belum  menentukan. Sehingga, kata dia, voters seakan-akan masih percaya kepada salah seorang calon bahwa ini akan menjadi satrio piningit pada 2014. "Padahal itu kan masih panjang dan jauh," katanya.

Menurut Pram, hal itu sebenarnya sah-sah saja di alam demokrasi. Karena, tegasnya, di negara-negara yang demokrasinya sudah maju juga ada namanya memengaruhi opini publik. "Karena mereka tahu swing voter itu yang tinggi sehingga yang namanya  efek pengaruh dari seseorang yang dianggap punya kecenderungan untuk menang dan itu pun diciptakan dan itu terjadi," jelasnya.

JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI, Pramono Anung menegaskan kalau lembaga survey sudah menjadi bagian tim kampanye seseorang, sehingga hasil survei yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News