Pranata Humas Harus Melek Digital

Pranata Humas Harus Melek Digital
Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Hasyim Gautama. Foto tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Hasyim Gautama menuturkan transformasi digital harus diiringi dengan transformasi dari sumber daya manusia, dalam hal ini Pranata Humas.

Menurutnya, Pranata Humas harus bertransformasi mengikuti perkembangan teknologi yang begitu cepat.

“(Pranata Humas) juga bertransformasi jadi melek digital. Perkembangan teknologi sekarang ini luar biasa cepat, adanya pertukaran informasi melalui dunia Internet,” ujar Hasyim dalam Bimbingan Teknis Pranata Humas di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Jumat (22/10).

Tuntutan kerja Pranata Humas kini lebih kompleks, tidak hanya sekadar membuat rilis semata tetapi juga melakukan diseminasi melalui berbagai kanal di media digital.

Pranata Humas sekarang dikatakan Hasyim harus mengubah pola kerja memanfaatkan teknologi agar dapat bekerja secara efektif dan efesien.

“Mengubah pola-pola kerja yang tadinya semi manual menjadi yang menyesuaikan diri dengan teknologi informasi. Tugas Pranata Humas situ adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa lewat informasi-informasi yang disalurkan. Kalau informasi positif yang kami diseminasikan, otomatis akan melawan informasi negatif yang beredar,” tambahnya.

Asdep Standarisasi Jabatan dan Kompetensi SDM Aparatur Kementerian PAN dan RB, Istyadi Insani menjelaskan Pranata Humas mengalami penyetaraan dari jabatan struktural menjadi jabatan fungsional sesuai dengan semangat penyederhanaan birokrasi, yang merupakan salah satu visi Presiden Joko Widodo.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Nusa Tenggara Barat, Najamuddin Amy mengatakan menjadi pejabat kehumasan adalah pekerjaan yang harus dipahami sebagai sebuah pengabdian dan kesungguhan hati, sebagai sebuah pekerjaan yang menyerupai kerja media massa.

Pranata Humas harus bertransformasi mengikuti perkembangan teknologi yang begitu cepat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News