Prancis Mengancam, Kapal Angkatan Laut Inggris Langsung Bergerak

Prancis Mengancam, Kapal Angkatan Laut Inggris Langsung Bergerak
Perdana Menteri Britania Raya Boris Johnson.REUTERS (REUTERS/POOL)

jpnn.com, LONDON - Inggris mengirim dua kapal patroli angkatan laut ke British Channel Island of Jersey setelah Prancis mengancam akan memutus pasokan listrik ke pulau itu.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menjanjikan dukungan untuk pulau itu setelah dia berbicara dengan pemerintah Jersey tentang prospek blokade Prancis.

"Sebagai tindakan pencegahan, Inggris akan mengirimkan dua kapal patroli lepas pantai untuk memantau situasi," kata juru bicara Johnson.

Ancaman ini dilakukan karena para nelayan Prancis tidak diberi akses penuh ke perairan penangkapan ikan Inggris di bawah persyaratan dagang pasca-Brexit.

Sebelumnya, Menteri Kelautan Prancis Annick Girardin mengatakan dia tidak suka mengetahui Jersey yang mengeluarkan 41 lisensi dengan ketentuan yang diberlakukan secara sepihak.

“Dalam kesepakatan (Brexit) ada tindakan pembalasan. Kami siap menggunakannya, "kata Girardin kepada Majelis Nasional Prancis.

Dengan populasi 108.000, Jersey mengimpor 95% listriknya dari Prancis, dengan generator diesel dan turbin gas yang menyediakan cadangan. (mcr9/jpnn)

Inggris mengirim dua kapal patroli angkatan laut ke British Channel Island of Jersey setelah Prancis mengancam akan memutus pasokan listrik ke pulau itu.


Redaktur & Reporter : Dea Hardianingsih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News