Premium Langka di Pantura

Pertamina Kurangi Jatah di SPBU

Premium Langka di Pantura
Premium Langka di Pantura

jpnn.com - CIREBON - Kelangkaan premium terjadi di jalur utama pantai utara (pantura) Jawa dalam tiga hari terakhir. Warga di wilayah Cirebon, Kuningan, Indramayu, Majalengka, dan Tegal, harus antre berjam-jam di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Hingga kemarin belum ada penanganan berarti untuk mengatasi krisis tersebut.

Pengawas SPBU Kuningan Rest Area Andri Ramdana mengatakan, Pertamina telah membatasi pengiriman BBM. Karena itu, pom bensin memberlakukan aturan khusus. Pembelian dengan jeriken dijatah maksimal Rp 100 ribu. Pengguna mobil hanya boleh membeli premium seharga Rp 200 ribu. Sedangkan untuk motor tidak dibatasi.

"Kalau tidak seperti ini bahaya. Pada Sabtu malam ketika bensin dan Pertamax habis, banyak pengendara yang kecewa," kata Andri kepada Radar Cirebon (Group JPNN) kemarin.

Di SPBU Kuningan Rest Area, biasanya dijatah premium 24 kilo liter per hari. Sekarang hanya mendapat 8 kilo liter. Kuota 8 kilo liter itu bisa habis hanya dalam jangka dua jam.

Edi, warga Desa Kasturi, Kramatraya, Kabupaten Kuningan, yang kemarin turut antre berjam-jam hanya untuk membeli Rp 20 ribu bensin, mengeluhkan krisis BBM tersebut. "Kalau harga mau naik silakan asal BBM-nya ada," ucap Edi.

Selain di Kabupaten Kuningan, hampir semua SPBU di wilayah timur Kabupaten Cirebon mengalami kelangkaan premium. Dampaknya, selain warga kesulitan mendapat bensin, para pengelola SPBU mengaku keuntungannya berkurang belasan juta per hari akibat adanya kebijakan pembatasan.

Paudi, operator SPBU Babakan mengatakan, biasanya tiap hari SPBU-nya menjual 16 kilo liter per hari. "Sekarang cuma 8 kilo liter saja. Kalau setiap hari begini lama-lama kita rugi," katanya. SPBU juga lebih sibuk dari biasanya. Seluruh karyawan dilibatkan karena serbuan warga untuk membeli bensin yang hingga memacetkan jalan.

Kelangkaan di Cirebon kemarin terjadi mulai SPBU di Cipeujeuh Lemahabang, SPBU Karangsembung, SPBU Babakan, SPBU Ciledug, SPBU Pabuaran, SPBU Waled, dan SPBU-SPBU di jalur pantura.  

CIREBON - Kelangkaan premium terjadi di jalur utama pantai utara (pantura) Jawa dalam tiga hari terakhir. Warga di wilayah Cirebon, Kuningan, Indramayu,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News