Presiden akan Resmikan Ruas Terakhir Tol Surabaya-Mojokerto

Presiden akan Resmikan Ruas Terakhir Tol Surabaya-Mojokerto
Pembangunan jalan tol. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra S Atmawidjaja mengatakan, ruas terakhir dari tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) sudah selesai menjalani uji kelayakan dan siap dibuka untuk umum.

Ada tiga seksi sekaligus yang akan diresmikan dalam waktu dekat. Yakni seksi IB, II, dan III dari Sepanjang hingga Krian (15,4 kilometer).

”Tinggal menunggu jadwal saja. kemungkinan besar minggu depan setelah Presiden melakukan kunjungan ke Medan dan NTT,” tutur Endra kepada Jawa Pos kemarin (23/11).

Endra mengatakan, ruas tol baru ini nantinya akan menyambungkan dua ruas tol Sumo yang sudah terlebih dulu diresmikan.

Yakni Seksi IA Waru-Sepanjang (2,3 kilometer) yang telah diresmikan pada 2011 dan Seksi IV Krian-Mojokerto (18,47) yang diresmikan tahun lalu.

Kehadiran tol Sumo sangat dinantikan oleh berbagai pihak. Terutama para pelaku usaha. Melalui tol, distribusi barang dan jasa para pelaku usaha akan menjadi lebih efisien dan lancar.

Para pelaku usaha tidak lagi perlu berjibaku dengan kemacetan di kawasan Balongbedo, Sidoarjo.

Jika biasanya dari Mojokerto ke Surabaya atau sebaliknya harus ditempuh dalam waktu satu jam, dengan adanya tol ini, waktu tempuhnya bisa terpangkas menjadi sekitar 30-45 menit.

Ruas terakhir dari tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) sudah selesai menjalani uji kelayakan dan siap dibuka untuk umum.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News