Selasa, 23 Juli 2019 – 11:55 WIB

Presiden Bakal Melantik Empat Gubernur Terpilih di Istana

Selasa, 09 Mei 2017 – 21:02 WIB
Presiden Bakal Melantik Empat Gubernur Terpilih di Istana - JPNN.COM

Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto: Humas Kemendagri/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo bakal melantik empat pasangan gubernur terpilih hasil Pilkada 2017 di Istana Negara, Jumat (12/5) petang. Keempat pasangan gubernur terpilih yang akan dilantik itu berasal dari Gorontalo, Sulawesi Barat, Bangka Belitung, Papua Barat.

Selain keempat pasangan calon gubernur terpilih, ada pula pelantikan wakil gubernur Riau yang sempat kosong. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo juga sudah mengantongi jadwal pelantikan.

"Pelantikannya direncanakan Jumat petang. Tahap pertama ini memang yang sudah habis masa jabatannya (sampai Mei, red),” ujar Tjahjo di Jakarta, Selasa (9/5).

Untuk dua provinsi lainnya, sambung Tjahjo, pelantikan akan dilakukan sesuai akhir masa jabatan gubernur masing-masing. Untuk Aceh direncanakan Juli, sedangkan DKI Jakarta pada Oktober mendatang.

Sementara untuk pelantikan pasangan bupati dan wali kota terpilih hasil Pilkada 2017, rencananya akan digelar di ibu kota provinsi seminggu setelah pelantikan gubernur.

Tjahjo menjelaskan, pelantikan pasangan bupati/wali kota terpilih juga akan disesuaikan dengan akhir masa jabatan masing-masing. Beberapa kepala daerah yang akan dilantik di antaranya pasangan Wali Kota Salatiga, Pekanbaru, Bupati terpilih Kabupaten Banjarnegara, Kampar dan Kabupaten Lembata.

"Pelantikan pasangan bupati dan wali kota juga akan dilaksanakan serentak, tapi mundur. Jadi rencananya akan digelar 22 Mei mendatang," ucap mantan sekretaris jenderal PDI Perjuangan itu.(gir/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar