Presiden dan Menkeu Beda Alasan

Penyebab Rendahnya Penyerapan Anggaran

Presiden dan Menkeu Beda Alasan
Presiden dan Menkeu Beda Alasan
JAKARTA—Presiden SBY kecewa dengan penyerapan anggaran yang dinilainya masih rendah. Mulai dari pemerintah pusat hingga ke pemerintah daerah.  Per 30 November 2011, realisasi anggaran baru mencapai sekitar Rp644,5 triliun atau 71 persen dari total anggaran dalam APBN-P 2011.

‘’Angka ini bagi saya tidak menggembirakan karena baru mencapai 71 persen. Kalau kita terus begini, bisa kehilangan momentum tumbuhnya ekonomi’’ ungkap SBY dalam sambutannya, usai penyerahan DIPA tahun anggaran 2012 di Istana Negara, Selasa (20/12).

SBY pun meminta seluruh jajaran pemerintah mulai dari pusat hingga ke daerah melakukan evaluasi. Termasuk evaluasi guna menemukan sistem dan mekanisme yang selama ini dinilai menghambat.

‘’Banyak yang bertanggung jawab, sungguh efektif dalam penggunaan anggaran tapi masih ada yang meleset, sebagian harus diakui masih ada penyimpangan,’’ kata SBY mengenai penyebab rendahnya anggaran.

JAKARTA—Presiden SBY kecewa dengan penyerapan anggaran yang dinilainya masih rendah. Mulai dari pemerintah pusat hingga ke pemerintah daerah. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News