Presiden Filipina Berhasil Gaet MILF

Presiden Filipina Berhasil Gaet MILF
Presiden Filipina Berhasil Gaet MILF
MANILA - Wilayah Mindanao, Filipina kini memasuki era baru setelah lebih dari 30 tahun dilanda konflik yang telah memakan lebih dari 150.000 korban jiwa. Pemerintah Filipina dan kelompok pemberontak muslim Moro Islamic Liberation Front (MILF) mengumumkan telah menyepakati beberapa hal sebagai langkah awal menuju perdamaian, pada Minggu (7/10) lalu.

Kesepakatan tersebut antara lain menyerukan pembentukan sebuah daerah istimewa dengan kedaulatan terbatas di Mindanao. Sebuah wilayah yang selama ini diklaim oleh 12.000 anggota MILF sebagai tanah nenek moyang mereka.

"Kesepakatan ini telah membuka jalan untuk sebuah perdamaian yang berkelanjutan di Mindanao," ucap Presiden Benigno Aquino dalam pidato kenegaraannya yang disiarkan oleh televisi nasional.

Menurut Aquino, kesepakatan ini menegaskan bahwa kelompok separatis tidak lagi ingin memisahkan diri. Sementara pihak MILF juga menyambut positif kesepakatan tersebut dan menyebutnya sebagai awal perdamaian.

MANILA - Wilayah Mindanao, Filipina kini memasuki era baru setelah lebih dari 30 tahun dilanda konflik yang telah memakan lebih dari 150.000 korban

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News