Presiden Joko Widodo Apresiasi Sinergitas Antar-Lembaga Negara

Presiden Joko Widodo Apresiasi Sinergitas Antar-Lembaga Negara
Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri Sidang Tahunan MPR Tahun 2017 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam Pidatonya pada Sidang Paripurna MPR RI dalam rangka Sidang Tahunan MPR RI, di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara, Kompleks Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8) menyampaikan apresiasinya dan penghargaan kepada seluruh lembaga negara, atas kekompakan, sinergi dan kerjasama yang baik selama ini.

“Saya yakin dengan kekompakan, dengan sinergi, dengan kerja bersama itu, tidak akan memperlemah tugas dan tanggung jawab konstitusional yang dijalankan oleh setiap lembaga negara, tetapi malah justru memperkuat kita semua dalam memenuhi amanah rakyat,” kata Presiden Jokowi.

Presiden menambahkan, dalam semangat persatuan, lembaga-lembaga negara justru bisa bekerja dengan lebih baik, bisa saling mengungatkan, saling kontrol, saling mengimbangi dan saling melengkapi.

“Perlu ditegaskan, tidak ada satu lembaga negara pun yang memiliki kekuasaan absolut, memiliki kekuasaan lebih besar dari lembaga negara lain. Semangat persatuan adalah jati diri bangsa kita dalam bernegara. Inilah kekjuatan bangsa kita dalam menghadapi setiap tantangan. Inilah keunggulan bangsa kita dalam menghadapi masa depan. Kekuatan yang terefleksikan dalam 72 tahun perjalanan bangsa dan negara kita,” ucapnya.

Presiden Joko Widodo mengajak seluruh anak bangsa untuk menjaga persatuan bangsa yang kokoh sebagai modal dasar bangsa ini untuk maju.

Modal ini harus dirawat, dijaga dan diperkuat sebaik mungkin serta harus dijadikan pijakan bersama dalam menghadapi ujian sejarah berikutnya yakni memenuhi janji-janji kemerdekaan.

“Ke depan bangsa kita menghadapi tantangan yang tidak ringan. Kita akan berhadapan dnegan dinamika perubahan yang sangat cepat, kita juga akan menghadapi kemajuan inovasi teknologi yang destruktif. Tapi, saya yakin dengan bersatu, kita akan bisa menghadapi semua itu, sebab bangsa kita adalah bangsa yang besar, bangsa yang sudah teruji, kita adalah bangsa petarung,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Presiden Joko Widodo juga menyampaikan beberapa hal terkait capaian lembaga negara dan kabinet kerja.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam Pidatonya pada Sidang Paripurna MPR RI dalam rangka Sidang Tahunan MPR RI, di Ruang Rapat Paripurna,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News