Presiden Jokowi Bakal Buka MTQ Nasional ke-29 di Balikpapan

Presiden Jokowi Bakal Buka MTQ Nasional ke-29 di Balikpapan
MTQ Nasional ke-29 akan digelar di Kalimantan Selatan. Foto dok. Kemenag

jpnn.com,  BALIKPAPAN - Musabaqah Tilawatil Quran atau MTQ Nasional ke-29 bakal berlangsung di Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada 10-19 Oktober 2022.

Perhelatan akbar ini mengambil tema “Kita Tingkatkan Kualitas SDM yang Unggul dan Quran untuk Mewujudkan Masyarakat Relijius dan Moderat”. 

Event dua tahunan ini, rencananya akan dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 12 Oktober 2022 dan akan disiarkan langsung secara nasional di TVRI nasional. 

Menurut Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas, peran umat Islam dalam mewarnai keberagaman Indonesia tidak dilepaskan dari spirit Al-Qur'an yang begitu membumi. Al-Qur'an begitu melekat dengan kehidupan bangsa Indonesia.

"Hal ini bisa dilihat dengan semaraknya pengajian-pengajian di musala, masjid, bahkan di rumah-rumah. Al-Qur'an adalah gerbang menuju pembentukan peradaban manusia seutuhnya," kata Menag Yaqut, Minggu (9/10).

Menag melanjutkan, mengenalkan Al-Qur'an kepada para calon penerus bangsa, telah menjadi tradisi dan budaya Nusantara. Salah satunya adalah penyelenggaraan MTQ. 

MTQ kini tak lagi sebatas kegiatan keagamaan melainkan telah menjadi tradisi yang semua pihak ikut, bahkan yang berbeda keyakinan pun ikut serta menjadi bagian dari pelaksanaannya.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, berharap pelaksanaan MTQ Nasional XXIX 2022 berjalan lancar dan sukses.

Presiden Jokowi dijadwalkan akan membuka MTQ Nasional ke-29 di Balikpapan, ada banyak agenda yang digelar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News