Presiden Jokowi Bakal Pakai Ulos di Karnaval Danau Toba

Presiden Jokowi Bakal Pakai Ulos di Karnaval Danau Toba
Danau Toba di Sumatera Utara. Foto: Sumut Pos/JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba (KKPDT) 2016 tak lama bakal mengguncang kawasan kaldera dengan luasan 100 x 30 kilometer itu. Ada tiga aktivitas besar yang dirancang pada penyelenggaraan KKPDT 20-21 Agustus 2016 nanti. Yakni konser dengan panggung apung di Pantai Bebas, Parapat, Simalungun, Karnaval Budaya di Balige, Toba Samosir, serta Pesta Rakyat di sana.

“Ini adalah puncak perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-71, sekaligus mempromosikan destinasi Danau Toba, sebagai ikon Pariwisata Sumatera Utara,”  kata Menteri Pariwisata Arief Yahya di Jakarta.

Danau Toba adalah satu dari 10 top destinasi, yang popular dengan sebutan “Bali Baru”, selain Tanjung Kelayang Belitung, Tanjung Lesung Banten, Kepulauan Seribu Jakarta, Borobudur Jateng, Bromo Tengger Semeru Jatim, Mandalika Lombok, Labuan Bajo NTT, Wakatobi Sultra dan Morotai Maltara.

Untuk mata acara, dari konser, karnaval, pesta rakyat itu, Arief Yahya tidak ragu sedikit pun. Seluruh artis, koreografer, desainer, penggagas kreatif, promotor dan pengisi acara adalah putera-puteri terbaik di level nasional.

Ada group music Slank, Edo Kondologit, Opi Anderesta, Sammy Simorangkir, Judika, dan lainnya. Yang bertanggung jawab karnaval ada Jay Wijayanto.

“Saya percaya, mereka pasti menyiapkan kejutan yang keren. Jadi, jangan sampai lepas, jaga tanggal mainnya,” pesan Arief yang juga Mentan Dirut PT Telkom yang asli Banyuwangi itu.

Karnaval 17-an ini sebenarnya merupakan acara tahunan yang dulu dikenal dengan istilah Karnaval Budaya dari 34 Provinsi. Mulai tahun lalu, konsepnya didesain ulang dengan tittle Karnaval Khatulistiwa 2015 di Pontianak. Temanya lebih ke Wisata Bahari di tepian Sungat Kapuas.

Rencananya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi akan hadir pada perayaan itu. Bahkan Presiden Jokowi juga akan ikut pawai bersama masyarakat Sumut. Orang nomor satu di Indonesia ini akan mengenakan ulos Ragidup Sirara, sedangkan Ibu Negara dengan ulos bermotif Tum-Tum yang dicancang khusus oleh Edward Hutabarat.

JAKARTA – Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba (KKPDT) 2016 tak lama bakal mengguncang kawasan kaldera dengan luasan 100 x 30 kilometer itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News