Presiden Jokowi Lepas Paket Bantuan Human Initiative untuk Korban Banjir Pakistan

Presiden Jokowi Lepas Paket Bantuan Human Initiative untuk Korban Banjir Pakistan
Human Initiative (HI), NGO yang mewakili Indonesia mengirimkan bantuan untuk masyarakat terdampak banjir di Pakistan. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Human Initiative (HI), NGO yang mewakili Indonesia mengirimkan bantuan untuk masyarakat terdampak banjir di Pakistan. Bantuan dikirim dari Bandara Halim Perdana Kusuma menggunakan maskapai Garuda Indonesia.

Bantuan tersebut dilepas oleh Presiden Joko Widodo yang hadir bersama sejumlah pejabat.

Sukarelawan Human Initiative masuk dalam rombongan penerbangan menuju Pakistan dalam rangka mendukung dan mengawal distribusi bantuan kemanusiaan.

Bantuan kemanusiaan rakyat Indonesia untuk Pakistan ini sendiri adalah wujud kolaborasi dari Gerakan Solidaritas Kedermawanan (GSK) bersama Kemenko PMK, BNPB, Indonesian Humanitarian Alliance ( IHA), aliansi Humanitarian Forum Indonesia (HFI) dan Forum Zakat (FOZ).

Seluruh bantuan akan dikirim untuk masyarakat di wilayah Karachi, Pakistan yang terdampak banjir sejak akhir Agustus 2022 lalu.

"Bangsa Indonesia yang kerap menghadapi tantangan bencana alam sangat memahami kesulitan yang dihadapi masyarakat terdampak, sehingga pemerintah Pakistan menyampaikan kebutuhan atas bantuan global untuk dapat segera menangani bencana yang dialaminya,” kata Andjar Radite, Vice President Operations Human Initiative.

“Untuk itu, bantuan dari berbagai organisasi di Indonesia yang dititipkan bersama bantuan Pemerintah RI diharapkan dapat sampai pada pihak-pihak yang membutuhkan dan dapat bermanfaat secara optimal terhadap upaya pemerintah Pakistan dalam penanggulangan bencana banjir ini,” tuturnya.

Pemerintah Indonesia sendiri telah mengirimkan dana bantuan sekitar USD 1 Juta untuk masyarakat terdampak banjir di Pakistan.

Sukarelawan Human Initiative masuk dalam rombongan penerbangan menuju Pakistan dalam rangka mendukung dan mengawal distribusi bantuan kemanusiaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News