Presiden Jokowi Minta Kepala Daerah jangan Lengah, Penting!

Presiden Jokowi Minta Kepala Daerah jangan Lengah, Penting!
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta kepada seluruh kepala daerah untuk mengatur libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Jokowi tidak ingin liburan Nataru menimbulkan peningkatan kerumunan dan mobilitas masyarakat seperti mudik.

"Saya minta betul-betul agar dikelola, diatur, sehingga Natal dan Tahun Baru ini berjalan dengan tidak ada kerumunan," kata Presiden Jokowi saat memberikan pengarahan kepada para kepala daerah se-Indonesia secara virtual di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (25/10).

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, libur Nataru menyebabkan peningkatan penyebaran Covid-19 yang tidak kecil.

Sementara itu, berdasarkan hasil survei ada 19,9 juta orang yang berniat mudik pada momen libur Nataru tahun ini.

Menurut presiden, jumlah yang tidak sedikit tersebut harus diantisipasi oleh semua provinsi, kabupaten, dan kota.

"Inilah yang harus diantisipasi, semua provinsi, semua kabupaten dan kota harus mengingatkan warganya agar Natal dan Tahun Baru ini lebih baik tidak bepergian ke mana-mana," jelas presiden.

Oleh karena itu, kata dia, seluruh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) memiliki peranan yang sangat penting dalam menyosialisasikan hal tersebut.

Terutama untuk mengantisipasi kemungkinan gelombang ketiga yang tidak diharapkan.

"Kami harapkan Natal dan Tahun Baru bisa kami kelola dengan baik, karena hampir semua epidemiolog takut bahwa yang memicu gelombang ketiga nanti ada di Natal dan Tahun Baru," imbuhnya.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu juga mengharapkan semuanya harus dirancang, direncanakan secara detail sesuai dengan kondisi masyarakat setempat, dan menghargai norma-norma yang ada.

"Namun, sekali lagi tetap sesuai dengan protokol kesehatan dengan gas dan rem yang dinamis, selalu waspada, siap siaga, cepat bertindak, itu yang terus harus kami jaga," imbuh Jokowi. (tan/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Presiden Jokowi meminta kepada seluruh kepala daerah untuk mengatur libur Natal dan Tahun Baru. Presiden mengungkapkan data masyarakat yang ingin mudik saat momen tersebut


Redaktur : Rasyid Ridha
Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News