Presiden Jokowi Pimpin Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan

Presiden Jokowi Pimpin Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan
Presiden Jokowi dan istri di acara Karnaval Kemerdekaan. Foto: Setpres

jpnn.com, BANDUNG - Presiden Joko Widodo memimpin “Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017” dengan titik start dari Gedung Sate Bandung, Jawa Barat, Sabtu (26/8).

Jokowi sapaan presiden mengenakan beskap ungu dan ikat kepala Makuta Sinatria. Makuta merupakan mahkota, benda penutup kepala yang dipakai di atas kepala. Sementara Sinatria berarti kesatria, suatu karakter, sifat, sikap yang berani, adil, tegas dan jujur.

Dalam budaya Sunda pemakaian ikat kepala menunjukkan pemimpin, seseorang yang sedang menjalankan tugas mulia, orang yang sedang mencari peningkatan kebaikan diri.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo memimpin pawai karnaval dari atas mobil hias bernama 'Kareta Pancasila’.

Acara dimulai dari Gedung Sate hingga Taman Vanda. Masyarakat tampak sangat antusias menyaksikan karnaval kemerdekaan dengan memadati pinggir ruas jalan yang dilalui Karnaval. Bahkan, tidak sedikit yang histeris saat melihat langsung Presiden.

“Jokowi... Jokowi..,” ujar masyarakat memanggil-manggil nama presiden.

Selain Jokowi, sejumlah menteri Kabinet Kerja juga terlihat antusias mengikuti karnaval dengan menggunakan pakaian adat.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menggunakan pakaian adat Alor, NTT. Sementara Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya juga mengenakan pakaian adat dari daerah-daerah lain di Indonesia.

Presiden Joko Widodo memimpin “Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017” dengan titik start dari Gedung Sate Bandung, Jawa Barat,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News