Presiden Jokowi Resmikan LRT Palembang 15 Juli

Presiden Jokowi Resmikan LRT Palembang 15 Juli
Jalur LRT Palembang. Foto: sumeks.co.id

jpnn.com, PALEMBANG - Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) LRT Sumsel, Suranto, mengatakan, pembangunan dan uji coba light rail transit (LRT) Sumsel terus dikebut.

Bahkan, proses uji dinamis saat ini sudah sampai Stasiun Palembang Icon sejauh sekitar 10 kilometer dari Depo Jakabaring.

“Kami masih melakukan running test atau tes berjalan untuk mengetahui apa saja yang menjadi kekurangan dari LRT ini,” kata Suranto dibincangi wartawan, kemarin (25/6). 

Sejauh ini, kata dia, hasil tesnya berjalan lancar dan tak menemui kendala. Demikian uji dinamis sebaliknya, dari Stasiun Palembang Icon ke Depo Jakabaring.

"Jalur LRT ini kan ada dua, berlawanan arah. Kedua jalur ini harus dites dulu untuk melihat kelistrikannya serta komponen lainnya," ujarnya.

Jika nantinya hasil tes berjalan mulus, jarak tes berjalan ini akan diperjauh hingga stasiun Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II. Tes ini sendiri akan dilakukan sampai akhir bulan Juni. Setelah itu, awal Juli akan dilakukan simulasi operasi yang dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI).

"Simulasi ini agar PT KAI paham pengoperasiannya. bagaimana cara menaikkan penumpang, dan lain sebagainya," bebernya.

Sejauh ini, kata dia, untuk semua rangkaian (trainset) LRT sudah didatangkan ke Palembang. Setiap rangkaian terdiri dari tiga kereta. Namun yang dites hanya dua rangkaian atau enam kereta. Enam lainnya tinggal mengikuti saja.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) LRT Sumsel, Suranto, mengatakan, pembangunan dan uji coba light rail transit (LRT) Sumsel terus dikebut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News