Presiden Jokowi Resmikan PLBN Entikong Kalbar

Presiden Jokowi Resmikan PLBN Entikong Kalbar
Presiden Jokowi. Foto dok JPNN.com

jpnn.com - ENTIKONG – Presiden Joko Widodo meresmikan beroperasinya Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kalimantan Barat, Rabu (21/12).

Proyek senilai Rp 152,49 miliar tersebut dikerjakan di atas lahan seluas 80.003 m2 dengan luas bangunan seluas 19.493 m2 di zona inti, sub inti, dan pendukung.

Rencananya proyek Pembangunan Pos Lintas Batas Negara di Entikong Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat ini akan berlangsung selama 12 bulan kalender kerja.

"Mulai 11 Agustus 2015 hingga 12 Agustus 2016," ujar Dirut Wika Bintang Perbowo.

Bintang menjelaskan pada tahap pertama, pekerjaan difokuskan kepada pembangunan bangunan utama, kargo, utilitas dan pos pemeriksaan.

Selain itu, revitalisasi PLBN ini dibangun juga untuk meningkatkan efektivitas atau mobilitas keluar masuk orang, logistik, dan barang dari kedua negara yang terbilang tinggi.

Selain di Entikong, PLBN lainnya yang juga tengah dibangun di antaranya di Auk dan Nangau Badau.

"Satu hal yang unik dari PLBN Entikong ini yaitu konsep bangunan utama yang mengusung budaya lokal menyerupai rumah panjang dan perisai Suku Dayak. Perisai ini merupakan simbol bahwa PLBN ini sebagai bagian pertahanan," tutur dia.(chi/jpnn)

ENTIKONG – Presiden Joko Widodo meresmikan beroperasinya Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kalimantan Barat, Rabu (21/12). Proyek senilai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News