Senin, 20 Mei 2019 – 23:29 WIB

Presiden Jokowi Serahkan Zakatnya Lewat Baznas, Nih Nominalnya

Kamis, 16 Mei 2019 – 18:45 WIB
Presiden Jokowi Serahkan Zakatnya Lewat Baznas, Nih Nominalnya - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo alias Jokowi menyerahkan zakat malnya melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Istana Negara, Jakarta, Kamis (16/5). Acara tersebut merupakan kali keempat digelar di Istana sejak 2016.

"Alhamdulillah pengumpulan dan penyaluran zakat yang dilakukan oleh Baznas yang telah dimulai 2016 yang lalu di Istana ini telah berjalan secara rutin dan ini bisa menjadi pilar penguatan keuangan syariah," kata Jokowi mengawali sambutannya.

Pada tahun ini, presiden ketujuh RI tersebut menyerahkan zakat sebesar Rp 55 juta, naik Rp 5 juta dibanding tahun lalu.

Ketua Baznas Bambang Sudibyo dalam laporannya menyebutkan, sepanjang tahun 2018 zakat yang terkumpul sebesar Rp 8,1 triliun. Jumlah tersebut hanya 3,5 persen dari perkiraan potensi zakat nasional tahun 2018 yaitu sebesar 1,75 persen PDB atau sekitar Rp 232 triliun.

(Baca Juga: Hafal Surat Al-Kahfi Gratis 10 Liter Pertalite di SPBU Cibinong)

Menurut Jokowi, potensi zakat yang besar itu harus bisa dimaksimalkan. "Artinya masih ada sebuah potensi yang sangat besar," lanjut Jokowi.

Kepala Negara juga mengapresiasi pengumpulan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) di Indonesia yang dalam lima tahun terakhir meningkat 26,64 persen.

"Ini juga sebuah pertumbuhan yang sangat besar. Kami harapkan ke depan ada lompatan-lompatan pertumbuhan pengumpulan dan penyaluran zakat di negara kita," katanya.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar