Presiden Jokowi Tantang Alumni LPDP Pulang dan Berperan Majukan Bangsa  

Presiden Jokowi Tantang Alumni LPDP Pulang dan Berperan Majukan Bangsa  
Presiden Joko Widodo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani di Festival LPDP. Foto: dok LPDP

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyerukan seruan pulang berulangkali saat menghadiri acara Puncak Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Festival 2023 di Mal Kasablanka, Jakarta, Kamis (3/8).

Enam kali Kepala Negara mengucapkan kata itu. "Setelah selesai studi, pulang, berkaryalah. Ilmu jangan diendapkan untuk diri sendiri. Pulang! Pulang! Pulang!," ungkapnya.

"Mungkin gaji di sini lebih rendah sedikit, tetap pulang! atau fasilitas di negara lain lebih enak, pulang!," imbau Jokowi.

Presiden menambahkan Indonesia membutuhkan anak muda yang memiliki pikiran dan visi yang lebih. Indonesia kurang memiliki SDM yang seperti itu.

Dalam 13 tahun ke depan, lanjutnya, merupakan kesempatan bagi Indonesia untuk bisa menjadi negara yang mampu melompat menjadi negara maju atau justru tidak.

"Banyak contoh. Banyak negara latin pada era 1950-an, 1960-an dan 1970-an, yang sudah berstatus negara berkembang. Tapi, sampai sekarang mereka masih jadi negara berkembang, karena tidak bisa memanfaatkan peluang," tambah Jokowi.

Indonesia, lanjutnya, pada 2030 mendatang akan menerima bonus demografi. Sebanyak 68% dari total penduduk berada di usia produktif.

"Ini terjadi sekali dalam sejarah. Bisa jadi peluang atau beban, bahkan bencana kalau kita tidak bisa mengelolanya dengan baik," tandasnya.

LPDP juga membuka afirmasi untuk anak-anak muda dari daerah 3 T, tertinggal, terdepan dan terluar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News