Presiden Lithunia ini Jomblo dan Jago Karate

Presiden Lithunia ini Jomblo dan Jago Karate
Presiden Lithunia, Dalia Grybauskait. Foto: IBI.com

jpnn.com - Pemimpin negara lajang alias jomblo berprestasi berikutnya adalah Dalia Grybauskait?.  Presiden Lithunia. Dia menjabat presiden sejak 12 Juli 2009. Dia mencuri perhatian dunia saat menyatakan akan turun langsung dan angkat senjata jika Rusia menyerang negaranya. Pernyataan itu keluar saat Rusia menyerang Ukraina dan mengambil alih Crimea. Grybauskait?  bahkan tidak segan membandingkan Presiden Rusia Vladimir Putin dengan para diktator lain seperti Stalin dan Hitler.

Pemimpin kelahiran 1 Maret 1956 itu selalu menggunakan penerbangan murah untuk menghemat keuangan negara. Grybauskait? memimpin Lithuania dengan tangan dinginnya.

 Dia bahkan dijuluki Iron Lady-nya Lithuania. Presiden yang lahir dari kelas pekerja di Vilnius itu tidak pernah menikah dan tidak memiliki anak. Bisa dibilang Grybauskait? adalah keturunan terakhir keluarganya. Sebab, ayah dan ibunya, Polikarpas Grybauskas serta Vitalija Korsakait?, sudah meninggal. Grybauskait? tidak memiliki saudara.

Selama kampanye pemilihan presiden dulu, Grybauskait? kerap diserang isu sebagai lesbian. Namun, tentu saja Grybauskait? menampik mentah-mentah tudingan tersebut. Saat senggang, Grybauskait? akan menghabiskan waktu untuk berlatih karate. Dia adalah pemegang sabuk hitam karate. (IBI Times/EUObserver/BBC/The New York Times/sha/c6/dos/flo/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News